News Update :

Dokter RI yang Tewas Tertembak di Somalia Alumnus Unhas

Minggu, 15 Januari 2012

Korban penembakan (Reuters)

Jakarta - Andrias Karel Melkianus Keiluhu (44), dokter asal Indonesia ini tewas ditembak pria bersenjata di Mogadishu, Somalia. Penelusuran detikcom, pria yang akrab disapa Kace ini adalah alumnus Universitas Hasanuddin, Makassar.

Kace tercatat sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tangerang selama dua tahun. Dia hanya aktif pada 2003-2005. Namun setelah itu Kace tidak ada kontak lagi dengan IDI.

"Karena lebih tiga tahun tidak kontak maka dianggap tidak aktif lagi," ujar petugas IDI Tangerang yang dihubungi detikcom, Jumat (3012/2011).

Catatan IDI Tangerang, Kace lahir di Manokwari, Papua, 30 Mei 1967. "Lulusan Universitas Hasanuddin. Lulus Tahun 1994," imbuh petugas itu.

Kace tercatat sebagai siswa SD Kristus Raja Dok V Jayapura, lulus sekitar tahun 1980. Pria itu juga pernah tinggal di Bintaro selama tercatat sebagai anggota IDI.

Sebelumnya bertugas di RS mana? "Kami tidak ada catatan," ucap petugas itu.

Informasi dari lembaga kemanusiaan Doctors Without Borders/Medecins Sans Frontieres (MSF), Kace itu telah bekerja dengan MSF sejak 1998 di Indonesia, Ethiopia, Thailand dan Somalia.

Kace dan rekannya dari negara Belgia, Phillipe Havet (53) ditembak hingga tewas pada Kamis (29/12). Penembakan diduga dilatarbelakangi sakit hati pelaku. Pelaku yang merupakan pria Somalia, baru saja dipecat dari MSF, lembaga kemanusiaan berbasis di Belgia.

Phillipe tewas seketika, sedang Kace menyusulnya karena pendarahan yang hebat setelah dioperasi di RS Madina.

Phillipe dan Kace bekerja dengan MSF di Mogadishu untuk memberikan bantuan darurat medis kepada para pengungsi negara yang terkoyak akibat perang saudara itu.

(vit/nrl)

sumber
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright sekedar info 2010 -2011 | Design by parazitz | Published by bendoxz | Powered by Blogger.com.