News Update :

Duh Sakit Karena Gigi Berlubang! Begini Cara Mengatasinya

Senin, 12 Desember 2011



Sakit gigi? Ampun deh sakitnya gak ketulungan. Apalagi, kalau sakit ini akibat gigi berlubang. Huf, tentunya tak menyenangkan bukan?

Penyebab gigi berlubang adalah sisa makanan yang menetap di gigi, yang oleh bakteri di mulut diubah menjadi asam yang membentuk plak. Plak ini mengandung mikroorganisme yang mengikis email gigi yang kemudian menyebabkan gigi berlubang.

Awalnya, lubang gigi kecil dan tidak dirasakan oleh si penderita, hanya saja kalau ia makan sesuatu yang manis, sangat dingin, atau sangat panas, ia akan merasakan ngilu. Dari hari ke hari lubang ini makin lama makin besar hingga terjadi peradangan yang mengenai saraf gigi dan penderita pun mengalami sakit gigi.

Selain karena gigi berlubang, sakit gigi bisa disebabkan tumbuhnya gigi geraham bungsu.

Bagaimana mengatasinya? Cobalah kumur dengan air hangat yang diberi garam, cara ini lumayan dapat mengurangi rasa sakit.

Cara lain, ambillah kapas lalu celupkan ke minyak cengkih. Oleskan kapas itu ke gigi yang berlubang. Minyak cengkih mengandung minyak atsiri yang berkhasiat sebagai anestesi lokal sehingga dapat menghilangkan sakit gigi sementara waktu. Hati-hati jangan menggunakan cara ini lebih dari 3 hari karena bisa melukai gigi.

Bila ingin mencoba obat tradisional, ambillah daun jambu biji (Psidium guajava, Linn.). Cuci bersih, lalu lumatkan. Taruh ramuan di gigi yang sakit. Sama seperti minyak cengkih, daun jambu biji mengandung minyak atsiri yang berkhasiat antiradang dan penghilang rasa sakit.

Jika cara ini tak sembuh, sebaiknya, Anda segera pergi ke dokter gigi. Mungkin ada gigi yang berlubang dan lubang itu bukan sekadar lubang kecil, tetapi sudah meradang hingga mengenai saraf gigi.

Jika absesnya terjadi pada akar gigi, nyerinya akan hebat sekali. Karenanya, Anda harus segera ke dokter gigi. Tak perlu takut karena peralatan dokter gigi sekarang sudah begitu canggih sehingga tidak lagi menyakitkan.

sumber

Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright sekedar info 2010 -2011 | Design by parazitz | Published by bendoxz | Powered by Blogger.com.