News Update :

Lima Pesepakbola Ternama Penderita Asma

Kamis, 25 Agustus 2011

Kekuatan pemain sepakbola selain kaki sebagai komponen utama, sempurnanya organ dalam  tubuh juga  menjadi  penunjang  utama. jantung  dan  pernafasan adalah diantaranya. Namun  siapa  sangka beberapa  pesepakbola  tersohor justru mengalami  masalah  dengan pernafasannya atau menderita Asma. Berikut bintang sepakbola yang menderita asma.

1. Paul Scholes (Manchester United/Inggris)
Gelandang yang baru saja memutuskan gantung sepatu bersama  klubnya  Manchester United dan timnas Inggris  didiagnosis  menderita asma pada usia 21 tahun. Penyempitan saluran pernafasan  tersebut sempat  mengancam  karier profesionalnya.  Terutama  setelah  ada larangan  dari  FIFA penggunaan salbutamol,  sejenis  obat  dalam inhaler (obat hirup) bagi pemain sepakbola. Beruntung FIFA  melunak  dan  memperbolehkan penggunaan inhaler, sehingga  karier  si blonde terus berlanjut hingga usia 36.



2. David Beckham (LA Galaxy/Inggris)
Pemain seangkatan Scholes semasa di akademi sepakbola  Manchester United  ini juga menderita asma. Meski sempat disembunyikan  dari pemberitaan, asma yang diderita suami Victoria Beckham ini akhirnya  terkuak. Tepatnya saat final Piala MLS (Liga Sepak Bola  AS) melawan Real Salt Lake pada 2009, ketika secara tidak sengaja ada yang  melihat Becks menghirup inhaler. Juru bicara  Becks,  SimonOliveira  tidak membatah apa yang diderita mantan  kapten  timnas Inggris tersebut.



3. Robbie Fowler (Mantan pemain Liverpool/Inggris)
Bagi  publik  sepakbola  Liverpool, Robbie  Fowler  adalah  salah seorang legenda. Kecepatan dan naluri membunuhnya di dalam  kotak penalti  membuktikan dia  seorang striker  andal.  Hingga  tidak sedikit  gelar  yang telah diberikannya bagi  The  Reds.  Seperti halnya  Scholes dan Beckham, Fowler juga memiliki masalah  dengan asma. Hanya saja, terapi dan latihan khusus dari dokter pribadinya  membatu  Fowler bisa tampil layaknya  pemain  tanpa  masalah serius dalam kesehatannya.



4. Frank Lampard (Chelsea/Inggris)
Yang  tak  kalah mengagetkan adalah asma  yang  diderita,  kapten Chelsea, Frank Lampard. Penampilan yang energik dan stamina prima telah  menutupi kelainan saluran pernafasannya.  Bahkan  sebagian besar  dari  pemain  Chelsea pun sempat tak  perncaya  jika  sang kapten menderita asma.



5. Max Timisela (Persib/Indonesia)
Lompat  dari Inggris, ternyata Indonesia juga  memiliki   bintang sepakbola yang menderita asma akut. Max Timisela, pemain  Persib dan Timnas Indonesia di era 70-an ini juga menderita  penyempitan saluran pernafasan. Teknik tingginya yang bisa bermain di beberapa posisi ini membuat kekuarangannya bisa ditutupi. Hanya kejadian memilukan harus dialami saat timnas Indonesia akan bermain  di Sydney melawan timnas Australia. Ketika akan memasuki  lapangan, tiba-tiba turun hujan, hingga Max kembali lagi ke bangku cadangan digantikan pemain lainnya lantaran asmanya kambuh.(**)



Max Timisela 

Source: 
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright sekedar info 2010 -2011 | Design by parazitz | Published by bendoxz | Powered by Blogger.com.