News Update :

Penonton Takjub Ada Robot Bisa Menari di Kontes Robot Nasional

Selasa, 14 Juni 2011

Firman, seorang penonton Kontes Robot Nasional (KRN) 2011 mengaku terkesan dengan robot-robot cerdas yang dipertandingkan di Grha Sabha Pramana UGM, Sabtu (11/6/2011). Bahkan, mahasiswa fakultas Ekonomika Bisnis UGM ini mengatakan, heran dengan robot yang bisa menari mengikuti irama musik yang diputar.

Mahasiswa semester II ini tampak tersenyum saat menyaksikan aksi robot Gamaro buatan mahasiswa UGM menari di atas panggung utama. Ia pun beberapa kali menunjukkan ekspresi takjub saat robot tersebut menggerakkan tangan dan badannya mengikuti irama musik.

"Menarik bangat, robot bisa menari kayak gitu, keren," ujarnya di sela pertandingan.
Firman yang datang bersama empat orang temannya mengaku, memang tertarik dengan dunia IPTEK. Selain komputer, ia juga berujar terkesan dengan dunia robotika.

Dalam kontes yang diikuti 101 tim peserta dari 51 perguruan tinggi se-Indonesia ini juga dipertandingkan kategori Kontes Robot Seni Indonesia (KSI). Kategori ini mempertandingkan robot humanoid otomatis dimana para robot tersebut harus diprogram untuk bisa menari mengikuti irama musik gamelan yang diputar.

"Ternyata teman-teman mahasiswa bisa juga menciptakan robot unik seperti itu, aku juga jadi pengen belajar," tambah Firman.

Ketua panitia, M Arif Wibisono mengatakan, para peserta KRN 2011 adalah yang terbaik dalam kontes robot di lima regional yang telah diselenggarakan dua pekan lalu. Kelima regional yang menyelenggarakan kontes robot dua tersebut adalah Sumatera, Jawa Barat, DI Yogyakarta-Jawa Tengah, Jawa Timur-Bali dan Kalimantan-Sulawesi-Papua.

"Para peserta ini adalah yang terbaik dari daerah masing-masing, jadi disinilah ajang untuk menguji keahlian masing-masing untuk mengembangkan robot ciptaan mereka," lanjut Arif.

KRN kali ini akan mempertandingkan sejumlah kategori lomba. Kategori yang dipertandingkan antara lain Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), Robot Pemadam, Robot Pemain Bola Battle dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Para pemenang Kontes Robot Nasional 2011 ini nantinya akan mewakili Indonesia ke Kontes Robot Internasional. Untuk juara KRI akan berangkat ke Thailand, sementara pemenang KRCI akan bertanding di Meksiko.

Sementara Rektor UGM, Prof Ir Sudjarwadi dalam sambutannya berharap agar KRN 2011 kali ini bisa dijadikan sebagai sarana mengembangkan dan memajukan dunia robotika di Indonesia. Ia juga menyebut ajang ini adalah sarana terbaik bagi para mahasiswa untuk unjuk kebolehan mengembangkan kecanggihan robot ciptaan mereka.

"Selain ini juga untuk melatih sikap siap berkompetisi sekaligus untuk menguatkan silaturahmi antar mahasiswa seluruh Indonesia," kata Sudjarwadi.sumber: tribunnews.com

Source:
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright sekedar info 2010 -2011 | Design by parazitz | Published by bendoxz | Powered by Blogger.com.